cover
Contact Name
Wahyu Wiji Astuti
Contact Email
ahyu_wiji@yahoo.com
Phone
+6281375372028
Journal Mail Official
wahyu_wiji@yahoo.com
Editorial Address
Medan tembung
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
BAHAS
ISSN : 24427594     EISSN : 24427594     DOI : https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1
Jurnal BAHAS memuat kajian-kajian tentang bahasa, sastra, seni dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 32, No 1 (2021): BAHAS" : 10 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Membaca Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Genre Untuk Siswa Kelas X Jurusan Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan Teresa Erganita Ginting; Elinda Marbun; Kalsum Kalsum
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25443

Abstract

AbstractThe objectives of this study are: (1) to describe the development of reading materials for class X of Beauty Program at SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) to describe the process of developing reading materials using Genre-based approach for class X of Beauty Program, (3) designing the reading materials using genre-based approach for class X of Beauty Program.This development research is compiled based on the research design of Borg, Gall & Gall (2003) which is simplified into 6 stages, such as: (1) gathering information, (2) data analysis, (3) design new materials, (4) validation of product development, ( 5) Revision of product development, (6) Final Products. This data is obtained through observation, interviews, validation, and questionnaires. The data analysis was taken from the English book and interviews were summarized, main things were selected and focused on important things, while in the questionnaire and validation sheet the steps included: converting qualitative data to quantitative, then grouping the results into various components.Keywords: English reading materials, Genre Based Approach, Vocational High SchoolAbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan gambaran awal pengembangan bahan ajar membaca kelas X jurusan Tata Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca yang didesain berdasarkan pendekatan berbasis Genre untuk SMK kelas X jurusan Tata Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda Medan, (3) mendesain pengembangan bahan ajar membaca berdasarkan pendekatan berbasis Genre untuk SMK kelas X jurusan Tata Kecantikan,.  Penelitian pengembangan ini disusun berdasarkan desain penelitian Borg, Gall & Gall (2003) yang disederhanakan menjadi 6 tahapan, yaitu: (1) Pengumpulan informasi, (2) Analisis Data, (3) Pengembangan Produk, (4) Validasi hasil pengembangan produk, (5) Revisi hasil pengembangan produk, (6) Produk Akhir. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, validasi, dan kuisioner. Analisis data pada telaah buku bahasa Inggris serta wawancara  dirangkum, dipilih hal-hal pokok dan difokuskan kepada hal-hal penting, sedangkan pada kuisioner maupun lembar validasi langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, kemudian mengelompokkan hasil pada berbagai komponen.Kata kunci: Bahan Ajar Membaca Bahasa Inggris, Pendekatan Berbasis Genre, Sekolah Menengah Kejuruan
CYBERSASTRA: ANTARA SASTRA MASA KINI DAN DÉJÀ VU SASTRA LISAN Muhammad Hafidz Assalam
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.23731

Abstract

AbstrakCybersastra atau sastra siber atau sastra internet merupakan perkembangan baru di dalam dunia sastra. Mulai dari blog pribadi, facebook, path, hingga webtoon dan wattpad, semua merupakan media alternatif bagi sastrawan muda untuk menunjukkan eksistensi, mengingat begitu ketatnya persaingan di dunia sastra dalam publikasi karya melalui buku atau koran. Artikel ini mengupas tentang kaitan antara sastra siber dengan sastra lisan dari aspek konsep dan ciri berdasarkan kriteria yang disampaikan ahli folklor  James Danandjaya. Artikel ini juga mengupas perkembangan sastra dikaitkan dengan teori sirkuit sastra dari Robert Escarpit. Kata kunci: cybersastra, sastra masa kini, sastra lisan
DESAIN HAND PAINTING PADA BUSANA T-SHIRT ANAK Netty Juliana
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25444

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan kreatifitas, inovasi, dan kreasi pada masyarakat khususnya dilingkungan mahasiswa Pendidikan tata busana Unimed. Kegiatan yang dilakukan berupa  mendesain motif dengan teknik Hand painting pada permukaan bahan kain polos yang diaplikasikan pada prodak T-shirt anak-anak. Prodak pertama menghasilkan busana T-shirt bewarna merah dengan ide gagas flaura (bunga matahari) dan fauna (kupu-kupu). Berdasarkan unsur-unsur seni dan prinsip-prinsip desain maka motif yang dihasilkan pada prodak T-shirt merah menghasilkan desain yang bernilai seni dengan nuansa ceria dan penuh semangat bagi pskologi anak-anak. Prodak kedua menghasilkan busana T-shirt bewarna orange dengan ide gagas fauna (bunga aster). Seluruh ide gagas tersebut dituangkan pada proses hand painting dengan media kuas eterna dan tinta rubber berdasarkan konsep pencitaan desain prodak. Dengan demikian mahasiswa memperoleh pengetahuan dibidang tekstil dan keterampilan dibidang hand painting pada pemukaan busana T-shirt. Dengan skill yang diperoleh mahasiswa diharapkan nantinya mampu membuka usaha lapangan kerja baru yang bergerak dibidang home industri hand painting tekstil. Prodak hand painting pada T-shirt dapat menjadi ide gagas baru bagi anak-anak generasi penerus bangsa dalam mengembangkan kreastifitas, inovasi, dan kreasi baru yang bernilai seni dan estetika yang unik bagi pangsa pasar didalam negeri maupun luar negeri. Kata kunci:Desain, Hand painting, T-shirt, Anak-anak
Penyususnan Tes Membaca (Detailliertes Lesen) Tingkat A1 GER Berbasis HOTS Siti Kudriyah
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25440

Abstract

ABSTRACTThe HOTS concept implemented by the government for teaching in schools is closely related to literacy. Literacy here includes the ability to grasp, understand, interpret, and appropriate information/content through various activities, such as attentive reading, seeing, listening, writing, talking and through discussions.More broadly it includes thinking skills using printed, visual, digital, and auditory sources of knowledge. Ideally, the HOTS concept is to be implemented both in all aspects of educational activities within the school and in extra-curricular activities. German classes in the school system as well as within university level in Indonesia are in accordance with international, in this context,European standards (GeR / Gemeinsamer europäischen Referenzrahmen, A1, A2, B1, B2, C1 and C2 levels) of evaluation. The GER standard evaluation has now implemented the HOTS concept. Currently, evaluations within the school system are required to comply with the HOTS concept. Taking the evaluation of reading abilities, the HOTS concept puts emphasis on advancing the ability to think about, differentiate and take up fact-based information and to strengthen creative thinking and the development of ideas. Learners are required to think logically and creatively. In this article, we will discuss reading skills according to the GER reference for level A1, as a standardized test for high school learners. Keywords: HOTS, evaluation, GER reading skill. 
TEACHER’S FEEDBACK ON WRITING PROCEDURE TEXT Yeni Erlita
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25678

Abstract

Abstract          This study is to investigate the types of teacher’s feedback on writing which given by the teacher’s and to find out how the teachers gave feedback on writing procedure text on junior high school, to elaborate the reasons of the teacher conducting the feedback on students writing of junior high school. It is used descriptive qualitative method. The findings were two types of feedback found on students’ writing procedure text students of junior school. They were: Direct and Indirect. Direct feedback which is provided in the 37 of the total feedback and has percentage as many as 79%. Second, it was indirect feedback, it has many percentages 21% of 10 the total feedback. And the teacher used those types of feedback on students’ writing was because it could make the students’ have more vocabularies and the students did not think more about what was the correct words. Keywords: Teachers’ feedback, students, procedure text, writing.
PRÉPOSITIONS DE CAUSE DALAM BAHASA PRANCIS Pengadilen Sembiring
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25441

Abstract

Abstrak Dalam bahasa Prancis kalimat yang mengandung “sebab” tidak selalu dinyatakan dengan menggunakan kata penghubung atau konjungsi tetapi dapat dinyatakan dengan menggunakan kelas kata yang lain. Kelas kata tersebut adalah kata depan (Préposition) dan kata kerja (Verbes). Ragam pilihan kelas kata yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat ini tidak sepenuhnya terdapat  pada bahas Indonesia. Ketidakberadaan tersebut dapat disebabkan oleh pola atau aturan yang berlaku pada bahasa yang sedang dipelajari. Oleh sebab itu, melalui artikel ini, penulis akan mengkaji secara sistematis dan logis penggunaan Prépositions de cause dalam bahasa Prancis. Kata kunci : Préposition de cause, nom et verbes
SEMIOTIK DALAM TATARAN SEMANTIK (SEMIOTICS INTERPRETING MEANING) Zainuddin Zainuddin
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25680

Abstract

 This article deals with semiotics and semantics. In other words, this article discussing about semiotics Interpreting meaning. Semiotics as the linguistic sain concerning the two important aspects which cannot be seperated, namely the signfied and signifier, since each have different meaning to be considered. De Saussure called the concept “signfie’,” (meaning) “signifiant”, or “signifier” (form). These two sides are so intimately related that they can be compared to a piece of paper. Since it is impossible to cut one sides of the paper without cutting the other. This concept can be interpreted that meaning (signified) is realized  in form (signifier) as semiotics of language expression. It means that semiotics of language consis of 3 components namely, meaning, form and expression. Where is meaning as semiotic sign and form as lexicogrammar, an expression refers to phonology, graphology, of sign. Keywords : Semiotics, Meaning 
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan Edi Rahmadani; Firsty Azirila Putri
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25442

Abstract

AbstractThe aimed of this study was to develop students’ interactive writing worksheet descriptive text to promote higher order thinking skill. This study was conducted by using Research and Development (R&D) through six stages: gathering information and data, analyzing data, designing materials, validating by experts, revising, and final product. The subject of the study was grade 8 at MTSN 2 Medan. The instruments of the data collection were gathered by interview the teacher and giving the questionnaire. The study conducted interview to English teacher and giving the questionnaire to 35 respondents to get the students’ needs. The interview and questionnaire result proved that the students’ need English learning media which can motivate the students to understand about interactive writing worksheet descriptive text. The product had been validated by the experts are English teacher and English lecturer. The product result was interactive writing worksheet which had been modified to promote Higher Order Thinking Skill. The result of the experts’ validation showed that the media was appropriate to be used on the interactive writing worksheet by getting the average score is 4.5 categorized excellent.Keywords: Interactive writing, Worksheet, Improving Higher Order Thinking Skill, Research and DevelopmentAbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS menulis descriptive text  menggunakan media Wizer dalam mempromosikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui enam tahapan yaitu pengumpulan informasi dan data, analisis data, perancangan bahan, validasi oleh ahli, revisi, dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 di MTSN 2 Medan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Penelitian ini wawancarai guru bahasa Inggris dan kuesioner kepada 35 responden untuk mengetahui kebutuhan siswa. Hasil wawancara dan angket membuktikan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran bahasa Inggris yang dapat memotivasi siswa untuk memahami descriptive text. Produk divalidasi oleh guru bahasa Inggris dan dosen bahasa Inggris. Produk yang dihasilkan berupa LKS Interaktif yang telah dimodifikasi untuk mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media tersebut layak digunakan dengan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik.Kata Kunci: Penulisan Interaktif, LKS, Descriptive text, Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Penelitian dan Pengembangan
MENATA MATERI DAN PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH RESEARCH METHODOLOGY DENGAN STRATEGI ICARE Sri Minda Murni
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.25681

Abstract

 Abstract  Review on the drafts of student research proposal shows low level competence as well as enthusiasm in producing innovative products. Students tend to copy-paste from previous theses rather than producing original product using one of the various method introduced in the Research Methodology subject. This article is aimed at designing more systematic materials and learning experiences for the students. The strategy chosen is ICARE (Introduction, Connection, Application, reflection, Extension).The result shows more focused and systematic material and learning experiences. It is expected that students will have more self-confidence in writing their research proposal without copy-pasting from the available these after using this new design.Keywords: Research method – ICARE - theses  AbstrakHasil review  atas rancangan proposal  skripsi yang dikirimkan mahasiswa menunjukkan kopetensi dan antusiasme yang rendah dalam menghasilakan proposal yang inovatif.  Mahasiswa cenderung meng-copy paste dari skripsi yang sudah ada dibanding menulis karya original yang menggunakan berbagai metode penelitian yang diperkenalkan pada matakuliah Research Methodology. Artikel ini bertujuan untuk merancang materi dan pengalaman belajar yang lebih sistematis bagi mahasiswa.  Strategi pengembangan yang dipilih adalah  ICARE (Introduction, Connection, Application, reflection, Extension). Hasil pengembangan menunjukkan rancangan materi dan pengalaman belajar yang lebih fokus dan sistematis. Harapanya mahasiswa lebih percaya diri dalam menulis proposal penelitian tanpa meng-copy paste skripsi-skripsi sebelumnya setelah menerima dan mengalami rancangan ini. Kata kunci: Research Method – ICARE – skripsi. 
PRÉPOSITIONS DE CAUSE DALAM BAHASA PRANCIS Pengadilen Sembiring; Balduin Pakpahan
BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v32i1.38846

Abstract

Abstrak Dalam bahasa Prancis kalimat yang mengandung “sebab” tidak selalu dinyatakan dengan menggunakan kata penghubung atau konjungsi tetapi dapat dinyatakan dengan menggunakan kelas kata yang lain. Kelas kata tersebut adalah kata depan (Préposition) dan kata kerja (Verbes). Ragam pilihan kelas kata yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat ini tidak sepenuhnya terdapat  pada bahas Indonesia. Ketidakberadaan tersebut dapat disebabkan oleh pola atau aturan yang berlaku pada bahasa yang sedang dipelajari. Oleh sebab itu, melalui artikel ini, penulis akan mengkaji secara sistematis dan logis penggunaan Prépositions de cause dalam bahasa Prancis. Kata kunci : Préposition de cause, nom et verbes

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2023): BAHAS Vol 33, No 4 (2022): BAHAS Vol 33, No 3 (2022): BAHAS Vol 33, No 2 (2022): BAHAS Vol 33, No 1 (2022): BAHAS Vol 32, No 4 (2021): BAHAS Vol 32, No 3 (2021): BAHAS Vol 32, No 2 (2021): BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS Vol 31, No 4 (2020): BAHAS Vol 31, No 3 (2020): BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS Vol 31, No 1 (2020): BAHAS Vol 30, No 4 (2019): BAHAS Vol 30, No 3 (2019): BAHAS Vol 30, No 2 (2019): BAHAS Vol 30, No 1 (2019): BAHAS Vol 29, No 4 (2018): BAHAS Vol 29, No 3 (2018): BAHAS Vol 29, No 2 (2018): BAHAS Vol 29, No 1 (2018): BAHAS Vol 28, No 4 (2017): BAHAS Vol 28, No 3 (2017): BAHAS Vol 28, No 2 (2017): BAHAS Vol 28, No 1 (2017): BAHAS Vol 27, No 4 (2016): BAHAS Vol 27, No 3 (2016): BAHAS Vol 27, No 2 (2016): BAHAS Vol 27, No 1 (2016): BAHAS Vol 26, No 4 (2015): BAHAS Vol 26, No 3 (2015): BAHAS Vol 26, No 2 (2015): BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS Vol 25, No 4 (2014): BAHAS Vol 25, No 3 (2014): BAHAS No 89 TH XL (2014): BAHAS No 86 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 37 (2012): bahas No 84 TH 38 (2012): BAHAS No 83 TH 38 (2011): BAHAS No 82 TH 38 (2011): BAHAS No 81 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 37 (2011): BAHAS No 79 TH 37 (2010): BAHAS No 78 TH 37 (2010): BAHAS No 77 TH 37 (2010): BAHAS No 76 TH 37 (2010): BAHAS No 75TH XXXVI (2009): BAHAS No 74TH XXXVI (2009): BAHAS No 73TH XXXVI (2009): BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS No 69TH XXXV (2008): BAHAS No 65TH XXXIV (2007): JURNAL BAHAS More Issue